Jumat, 18 September 2009

jadilah manusia yang profesional

setiap orang selalu ingin dirinya menjadi yang terbaik diantara yang terbaik, raja segala raja dan pribadi yang dicintai. akan tetapi, semua impian itu akan lebur tatkala ia tidak bisa bersikap professional dalam kehidupannya. akibatnya, ia hanya bisa menjadi manusia yang hanya bengong terhadap perkembangan dunia. dia hanya bisa menjadi penonton tanpa mengulurkan partisipasi sedikitpun.
tetapi, sudahkah anda menjadi pribadi yang profesional? orang yang profesional itu dapat menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, menempatkan pekerjaan pada waktunya, dan menempatkan kebutuhan sesuai jadwalnya. orang yang profesional dapat menjalani kehidupannya dengan damai, aman dan sejahtera. karena, setiap kegiatannya terorganisir. sehingga, tiada waktu untuk bermalas-malasan. saya jadi teringat akan peribahasa yang mencerminkan tentang sikap ini. yaitu, "berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian".
sahabat, bentuklah dirimu menjadi orang yang profesional. karena, dengan bekal itulah anda akan mendapatkan kehidupan yang menyenangkan di akhirat kelak. sebab, orang yang profesional itu selalu beriskap adil kepada sipapun dan apapun. sehingga, banyak orang yang senang kepadanya. tidak hanya manusia saja yang senang. tetapi hewan tumbuhan dan benda lainnya pun ikut senang. itulah sebabnya, kenapa profesional merupakan musuh bagi zolim.
bahkan, saking adilnya ia terhadap waktu dan tempat, ia dapat memenej waktunya dengan sangat mudah. seolah-olah, ia dapat mengendalikan waktu sesuka hatinya. sehingga, hidupnya sangat teratur dan penuh kedisiplinan. dia tidak pernah terlambat sekolah, tidak pernah terlambat ke masjid, dan tidak pernah terlambat memenuhi janji.
seseorang yang profesional itu selalu memegang prinsip. dengan prinsip itulah hidupnya menjadi berkualitas. dan dengan prinsip itulah ia sangat dihormati oleh siapapun. dengan prinsip, ia dapat membedakan antara yang benar dan yang salah, yang haq dengan yang batil, dan yang halal dengan yang haram. sehingga, kehidupannya yang hanya 13 tahun lebih baik dari kkehidupan seorang durjana yang hidup selama 63 tahun. diapun juga memahami bahwa prinsip yang sejati adalah "'amar ma'ruf nahyi munkar".
dan juga seseorang yang profesional memiliki tujuan hidup yang jadi penuntun bagi setiap langkahnya. entah ke jalan yang lurus/ke jalan yang berliku. itu tergantung tujuan hidupnya. ia dapat membangun visi misi kehidupannya dan ia juga dapat menentukan ending kehidupannya. seorang mu'min yang profesional meemiliki tujuan hidup yang agung. lebih agung daripada tujuan hidup si kafir. sehingga, jikalau si kafir mengetahuinya, akan gentar hatinya dan merasa hina di hadapan orang mu'min. tujuan hidup seorang mu'min adalah "hidup mulia atau mati sebagai syuhada".
seorang profesional memiliki karakteristik yang mudah dilihat oleh siapapun juga. baik secara lahiriah maupun batiniah. karakteristik itulah yang membentuk pemisah yang amat tebal antara seorang profesional dengan orang zolim. karakteristik seorang profesional adalah
a. hidupnya terencana
seorang profesional dapat membuat rencana yang apik disertai dengan rencana-rencana darurat, ia mempunyai prinsip bahwa orang yang sukses itu, dapat memanfaatkan waktu bukan dimanfaatkan waktu. sehingga, ia dapat membuat rencana dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, tahun ke tahun. bahkan, mayoritas orang profesional merupakan orang yang terpecaya di segala bidang. mulai dari bidang sekuler hingga bidang terpopuler. itulah sebabnya, kenapa orang yang profesional merupakan ancaman bagi seorang pecundang. karena, telah terpatri di benaknya, bahwa "hanya pecundang saja yang suka mencari alasan, sedangkan orang yang profesional selalu membuat rencana-rencana yang brilian".
b. tiada waktu santai
sahabat, jangan kaget dulu membaca kalimat di atas. jangan berpikir dulu bahwa kamu tidak bisa menjadi oarang yang profesional, hanya karena kamu suka santai. tenang dulu, sebelumnya anda harus sadar bahwa orang yang hebat, asing di mata masyarakat. di saat orang lain nongkrong sambil hura-hura, anda sibuk menongkrong buku. di saat orang lain nonton sinetron, anda sibuk menonton berita. pokoknya tidak ada waktu santai. namun, jangan berusaha sedikit saja langsung putus asa. itu sih namanya malas. anda wajib tau, bahwa anda hidup di dunia ini memikul amanah yang amat berat. sehingga, rumuit untuk melakukannya. saya jadi teringat ddengan salah seorang tokoh besar bernama hasan al banna(kamu kenal juga kan?). sebab, beliau pernah berkata, "kewajiban manusia lebih banyak daripada umur manusia". itu artinya, butuh perjuangan extra untuk melakukan seluruh kewajiban.
c. tidak pernah melakukan hal yang sia-sia
seorang profesional jugamempunyai musuh terbesar deperti yang ada dalam tubuh anda, yaitu hawa nafsu. sebenarnya, hawa nafsu mudah untuk diredam. akan tetapi, setan cerdik sekali merias hawa nafsu itu hingga terlihat indah bagi kita. walhasil, kita susah sekali meninggalkan hal-hal yang tak berguna yang juga merupakan keturunan dari hawa nafsu itu sendiri. namun, di tangan seorang profesional, hal itu mudah untuk diatasi. mereka mempunyai agenda-agenda yang menuntun aksi mereka saat itu dan untuk berikutnya. sehingga, dia tidak pernah memikirkan hal yang sia-sia. apalagi melakukannya.
d. selalu berkata bijak
sahabat, tahukah anda seberapa bijak seorang profesional dalam berkata? yaitu, sebijak perkataan seorang atasan terhadap bawahannya. karena, seorang profesional selalu berpikir dahului sebelum bertindak[termasuk dalam berkata]. itulah sebabnya, mereka selalu berkata bijak.
e. berpengaruh bagi lingkungannya
sahabat, pernahkah anda berkunjung ke suatu tempat yang makmur? bukan makmur oleh slamnya, akan tetapi makmur oleh talenta penduduknya. lalu, perhatikan setiap tingkah laku mereka, apakah ada persamaan? kemudian tanyakan pada mereka, "siapakah orang yang anda hormati?". niscaya, mereka akan menunjuk ke suatu tempat yang sama. pergilah ke tempat yang ditunjuk oleh masyarakat tersebut, kemudian tanyakan pada orang yang dimeksud, "apa kegiatan anda setiap hari?". lau dengar apa jawabannya dan catatlah. karena, yang ia katakan adalah jalan menuju kehidupan seorang yang profesional.
sahabat, pernahkah anda berpikir bagaimanakah caranya menjadi seorang yang profesional? namun, anda tak mendapat jawabannya, walaupun anda susah-susah mencarinya. karena, langkah menjadi profesional tak akan terwujud jika anda masih belum punya komitmen. oleh karena iitu, berusahalah untuk komitmen dan lakukan langkah-langkah berikut!
pertama, buatlah jadwal dan rencana. karena, dengan jadwal dan rencana, hidupmu akan semakin terarah.
kedua, berpikirlah sebelum anda bertindak.
jika anda sudah dapat melakukan kedua langkah di atas, maka sedikit demi sedikit anda akan mendapatkan 5 ciri seorang profesional dan anda akan menjadi panutan bagi orang lain.

0 tanggapan:

Posting Komentar

 
;