Jumat, 18 September 2009

temukan kuncinya

temukan kuncinya

suatu hari aziz buru-buru keluar dari rumahnya karena suatu kebutuhan yang amat mendesak. ia pun keluar dari rumahnya yang gelap dan menguncinya. lalu kuncinya itu ia simpan di saku sebelah kanan.
tak diduga ternyata kunci yang dikantonginya di saku sebelah kanan terjatuh tepat di depan pintu rumah. namun aziz tak menghiraukannya.
pergilah aziz ke pasar untuk membeli kebutuhannya.
lalu setelah selesai, dia kembali pulang.
sesampainya di sepan rumah, aziz kaget sekali. ternyata kunci yang dikantonginya di saku kanan telah terjatuh. sedang aziz tak menngetahuinya.
lalu aziz melihat sekelilingnya. ketika melihat rumah tetangganya, aziz langsung aza pergi ke sana dan meraba-raba halaman untuk mencari kuncinya yang hilang tadi.
tak disangka, keluarlah si pemilik rumah itu dan mengomelinya, "aziz! ngapain kamu di sini?"
"mencari kunciku yang terjatuh"
"emang jatuhnya di mana?"
"di depan rumahku"
"lo kok nyarinya di sini?"
"habisnya di depan rumahmu terang, dan di depan rumahku gelap"
***
saudara, seperti itulah jalan hidup seseorang yang mencari ilmu. harus susah payah untuk mencarinya. kalau mencarinya pengen yang instan kayak azizz itu, ya...bakalan ga' ketemu. aneh aza, nyari kunci ga' mau susah-susah di depan rumahnya yang gelap. gimana mau ketemu?
kalau mau mencari ilmu itu, harus tepat antara tujuan dari ilmu dan ilmu yang digunakan. kalau orangnya mau menjadi dokter, ya..belajarnya sama dokter. jangan belajarnya sama nelayan! ga' bakalan nyambung deh.
tapi.......ilmu itu tidak akan berguna jika seseorang melakukan maksiat(he he he). sebab alloh telah memberi tabir antara penuntut ilmu yang bermaksiat dengan ilmu yang dicarinya. ga' bakalan ketemu lagi deh.
seperti ceritanya aziz itu. aziz ingin mencari kuknci di depan rumahnya, sedang rumahnya itu gelap tanpa penerangan. kalau lampunya menyala, berarti ada yang memberi petunjuk padanya.
seperti itu pula orang yang tak bermaksiat dalam menuntut ilmu. dia akan selalu dimudahkan jalannya oleh alloh menuju ilmu yang ingin digapainya.

0 tanggapan:

Posting Komentar

 
;