Jumat, 18 September 2009

revolusi menghafal

bagaimana caranya menghafal al quran dengan fun?
caranya sangat mudah sekali. tetapi, kau butuh sedikit pengorbanan untuk melakukannya.
karena, al quran adalah ayat-ayat alloh yang masih orisinil daripada kitab lainnya. itulah sebabnya mengapa kamu harus sedikit berkorban. agar kamu tidak sampai merubah isi bacaan dengan salah baca.
akan tetapi, kamu tidak butuh banyak rumus/metode untuk menghafalnya. kamu hanya butuh al quran saja tanpa alat bantu lainnya. cara menghafalnya pun ternyata dapat dilakukan oleh setiap orang yang sudah bisa membaca al quran.
pertama, targetkan berapa ayat yang akan dihapal dalam sehari. lalu, tentukan hari-hari yang menurutmu ada waktu luang walau 5 menit. terakhir, tentukan hari yang tepat untuk mengevaluasi hapalanmu.
sebagai contoh, pertama targetkan 3 ayat dalam sehari. sebab, menurutmu hanya segitulah ayat yang mampu kamu hapali dalam sehari. lalu, pilih hari senin-sabtu untuk menghafalnya. terakhir, pilih hari minggu untuk mengevaluasi kembali yang telah dihapal.
tau tidak, jika kamu menghafal 1 ayat dalam sehari, maka kamu sudah hapal beberapa jus dalam setahun. tapi, pastinya dengan konsisten. sebab, jikalau tidak konsisten dalam menghafal, akan ludes semua hapalan yang sudah kamu bangun selama ini.
tapi, bagaimana caranya menghapal quran kalau belum terbiasa melakukannya? kan, kalau belum biasa walau satu ayat saja kan susah!
bacalah dengan mengulang-ulang ayat yang kamu target untuk dihapal di hari itu. di manapun dan kapanpun, kecuali di tempat-tempat yang jorok. kalau misalnya mau ngapali 3 ayat, baca aja 3 ayat itu berulang-ulang.
karena, dengan membaca berulang-ulang otakmu akan terbiasa menerima ayat-ayat quran yang sama sebelumnya. sebab, jika otak manusia diberi perintah yang berulang-ulang, akan tertancap kesan yang mendalam dalam benaknya. sama halnya dengan ayat-ayat yang kamu lafalkan berulang-ulang. ingat, kesan adalah memori terkuat.
bagaimana jadinya kalau dalam setahun tidak ada evaluasi hapalan?
niscaya, hapalanmmu akan lenyap bagai debu ditiup angin.
karena,, kekuatan hapalan bukan dinilai dari banyaknya ayat quran yang telah dihapal. melainkan dat=ri banyaknya ayat quran yang terhapal.
sekarang, coba deh metode di atas mudah-mudahan hapalanmu meningkat tajam dan pintu surga makin terbuka. tapi, awali dengan bismillah ya!

0 tanggapan:

Posting Komentar

 
;